Bagian Bagian Kamera

Bagian bagian Kamera yang perlu diketahui

Bagian bagian kamera merupakan hal pertama yang paling penting yang harus diketahui seorang fotografer pemula. Pasalnya, sebelum mengoperasikan kamera Anda harus mengetahui nama dan fungsi dari masing-masing bagian kamera.

Setelah mengetahui bagian kamera, pastinya Anda akan lebih mudah dalam mempelajari kamera dan mampu menghasilkan foto yang terbaik.

Untuk anda yang sudah memiliki kamera namun masih bingung cara mengoprasikan kamera tersebut, kami juga mengulas cara menggunakan kamera DSLR atau bahkan kamera Mirrorless yang termasuk sebagai kamera modern yang ringkas.

Nah, bagi Anda yang masih awam terhadap dunia fotografi, segala informasi mengenai bagian bagian dan fungsi kamera DSLR ada di sini, lho. Pasti Anda penasaran, bukan? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Spesifikasi Kamera DSLR

DSLR merupakan salah satu jenis kamera digital yang menggunakan cermin bersistem otomatis. Selain itu, DSLR juga dilengkapi dengan fitur pentamirror atau pentaprisma yang berfungsi meneruskan cahaya dari lensa ke viewfinder.

Kamera DSLR memang telah menjadi tren kamera berkualitas terbaik baru-baru ini. Kualitas gambar yang dihasilkan DSLR memang tak terkalahkan. Pilihan filter yang tersedia juga cukup lengkap sehingga memudahkan proses pengeditan.

Di dalam kamera DSLR telah terpasang sensor CMOS atau sensor CCD sehingga sistem kerjanya sudah digital. Selain itu, DSLR umumnya juga telah dilengkapi dengan teknologi AF berkecepatan tinggi yang sangat mumpuni.

Biasanya kamera DSLR memiliki sensor yang cukup tajam, yaitu mencapai 45 MP dan lebih dari 150 titik fokus. Dengan begitu, gambar yang dihasilkan tampak lebih dramatis dan hidup. Keren banget, bukan?

Beberapa bagian bagian dari kamera DSLR yang wajib diketahui dan dipahami oleh fotografer pemula antara lain adalah lensa, tombol shutter, view finder, tombol power, main dial, dan tombol menu. Bagian bagian tersebut merupakan hal terdasar yang harus dikuasai sejak awal.

Nah, setelah mengetahui spesifikasi dari kamera DSLR tersebut pasti Anda semakin jatuh cinta dan tertarik pada kamera ini.

Harga Kamera DSLR

Beberapa Bagian Kamera DSLR

Harga kamera DSLR memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan kamera jenis lainnya. Hal tersebut tentu berbanding lurus dengan kualitas gambar yang dihasilkan. Lalu berapa sih harga kamera DSLR ini?

Sebenarnya, harganya cukup bervariasi mulai dari Rp 2.000.000 bahkan mencapai ratusan juta tergantung merek dan kualitas gambar yang dihasilkan. Berikut ini detail harga beberapa kamera DSLR ternama:

Tipe Kamera Harga
Canon EOS 5D Mark IV Rp. 36.104.000 – Rp. 86.998.500
Nikon D3300 Rp. 4.200.000 – Rp. 8.625.000
Nikon D3400 Rp. 4.960.000 – Rp. 9.525.000
Nikon D5500 Rp. 6.528.000 – Rp. 15.375.000
Nikon D5300 Rp. 6.032.000 – Rp. 11.925.000
Canon EOS 750D Rp. 6.600.000 – Rp. 18.675.000
Canon EOS 5DS R Rp. 39.008.000
Canon EOS 5D Mark III Rp. 16.800.000

Selain Nikon dan Canon, masih banyak lagi brand kamera DSLR yang tak kalah berkualitas. Sebut saja Sony, Fujifilm, dan Panasonic. Semuanya tentunya memiliki keunggulan masing-masing.

Baca Juga : Harga Kamera Canon

Hasil Jepretan Kamera DSLR

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tak ada yang menandingi kualitas gambar jepretan kamera DSLR. Meski terlihat berat dan kurang nyaman dipakai, rupanya hasil jepretan kamera DSLR selalu sangat memukau.

Hasil gambar yang bagus tersebut tentunya membuat kamera ini sangat cocok digunakan untuk fotografi komersial. Selain menyewakan jasa foto, Anda juga bisa memanfaatkan DSLR untuk usaha rental.

Selain mampu menghasilkan gambar yang jernih, DSLR juga mampu menciptakan video Full HD yang sangat keren. Tak heran jika DSLR menjadi kamera pilihan para fotografer profesional Indonesia dan internasional.

Kelebihan dan Kekurangan Kamera DSLR

Sebagai kamera pilihan fotografer profesional, tentunya DSLR ini memiliki banyak sekali kelebihan, di antaranya:

  1. Memiliki kualitas gambar yang sangat baik, bahkan paling baik dibanding jenis kamera lain.
  2. DSLR memiliki berbagai pilihan lensa yang dapat diganti sesuai keinginan pengguna.
  3. Kinerja kamera DSLR jauh lebih baik daripada kamera digital biasa. Bahkan, DSLR memiliki kapasitas memori yang lebih besar.
  4. Aksesoris dan perangkatnya mudah diperbarui. Sehingga meski telah berusia tua, DSLR Anda tetap bisa bekerja layaknya keluaran terbaru.

Meskipun bisa dibilang nyaris sempurna, nyatanya DSLR juga tetap buatan manusia yang pasti akan selalu memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan kamera DSLR antara lain adalah:

  1. Bentuknya yang besar membuatnya terkesan merepotkan dan boros tempat saat dibawa bepergian.
  2. Diperlukan ketekunan untuk bisa memahami cara kerja dan bagian bagian kamera ini karena mekanismenya cukup rumit.
  3. Harga yang ditawarkan relatif lebih mahal daripada kamera jenis lainnya. Namun, dibalik harga yang mahal tentunya tersimpan kualitas yang sangat luar biasa.

Baca Juga : Cara Membersihkan Lensa Kamera

Bagaimana? Sudah mulai mengerti bukan mengenai kamera DSLR? Jika Anda masih baru melangkah di bidang fotografi, tidak ada salahnya jika Anda langsung memilih kamera DSLR untuk belajar karena penggunaannya juga cukup mudah.

Kamera DSLR sendiri tersedia dalam berbagai pilihan serta bagian bagian kamera, mulai dari untuk pemula hingga yang pro. Dengan beragam pilihan harga yang ditawarkan pasti Anda bisa dengan mudah menentukan pilihan Anda, bukan? Jadi, buruan beli sekarang juga!

Categories Tips

Leave a Comment