Cara Menggunakan Kamera DSLR

Kamera DSLR Canon 60D

Mengenai cara menggunakan kamera DSLR, mungkin hampir sebagian orang sudah bisa. Namun meskipun begitu, beberapa orang hanya asal memotret tanpa menghiraukan teknik pemotretan. Sehingga sering kali gambar yang dihasilkan jadi kurang bagus dan buram.

Untuk itu, sedari awal harusnya Anda mengetahui teknik terbaik dalam pemotretan agar bisa menghasilkan gambar yang memikat. Oleh karena itu, penggunaan DSLR dengan teknik yang tepat, pemotretan yang tadinya sulit memang terasa lebih mudah dilakukan, bahkan oleh seorang amatir.

Anda bisa simak ulasan terkait harga kamera canon untuk anda yang pemula. Karena kamera canon sendiri pemakainannya lebih mudah dan simpel yang cocok untuk pemula.

Cara Menggunakan Kamera DSLR

Dalam menggunakan kamera DSLR, lebih baik Anda menggunakan fokus manual agar Anda bisa mengontrol objek yang akan diambil dengan lebih baik. Selain itu, Anda juga bisa menekan tombol shutter setengah untuk mengunci fokus.

Jika belum terbiasa, anda bisa menggunakan menu Shutter Priority yang berfungsi untuk mengatur secara otomatis pada iso dan bukaan kamera. Atau anda bisa menggunakan Aperture Priority yang berfungsi untuk mengatur secara otomatis pada iso dan shutter speed kamera.

Jika anda sudah ada pemahaman tentang segitiga exposure, maka anda tinggal mengatur angle mana yang baik untuk objek.

Dengan menerapkan beberapa trik tersebut, dijamin hasil potret Anda terasa lebih layak dipuji. Lalu apa saja sih spesifikasi dari  Digital Single Lens Reflex atau DSLR ini?

Spesifikasi Kamera DSLR

Kamera jenis DSLR ini dilengkapi dengan fitur pentaprisma atau pentamirror yang berguna meneruskan cahaya dari lensa ke viewfinder. Dengan begitu, gambar yang dihasilkan jadi lebih jernih dan memukau.

Menariknya lagi, kamera DSLR ini sudah bekerja secara digital karena di dalamnya telah  terpasang sensor CMOS atau sensor CCD. Tak lupa, terdapat juga teknologi AF berkekuatan tinggi yang membuat kinerja kamera ini makin tak terkalahkan.

Untuk sensor, biasanya DSLR membubuhkan sensor dengan ketajaman sekitar 24 MP. Namun, seiring perkembangan teknologi semakin banyak kamera DSLR yang memiliki sensor mencapai 45 MP dengan auto fokus mencapai 150 titik.

Harga Kamera DSLR

kamera nikon d3400 untuk pemula

Seperti kita ketahui, harga kamera DSLR memang sedikit lebih mahal daripada kamera jenis lainnya. Namun, harga yang mahal tentu sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Untuk mengetahui kamera DSLR terbaik juga perlu perbandingan yang setimpal dengan beberapa merk kamera di kelasnya.

Harga kamera DSLR pun cukup bervariasi, tergantung kualitas yang diberikan. Untuk versi pemula biasa harga yang ditawarkan masih di kisaran harga  sekitar Rp 3.000.000 sedangkan untuk versi pro biasanya mencapai harga puluhan juta.

Berikut ini beberapa rekomendasi kamera DSLR terbaik lengkap dengan harganya:

  • Nikon D5500 berkisar antara Rp 6.528.000 hingga Rp 15.375.000
  • Nikon D5300 berkisar antara Rp 6.032.000 hingga Rp 11.925.000
  • Canon EOS 5D Mark IV berkisar antara Rp 36.104.000 hingga Rp 86.998.500
  • Nikon D3300 berkisar antara Rp 4.200.000 hingga Rp 8.625.000
  • Nikon D3400 berkisar antara Rp 4.960.000 hingga Rp 9.525.000
  • Canon EOS 5DS R sekitar Rp 39.008.000
  • Canon EOS 5D Mark III sekitar Rp 16.800.000
  • Fujifilm X-A2 Kit with 16 – 50 mm II Rp.7.800.000
  • Fujifilm Finepix HS20EXR Rp.3.200.900
  • Panasonic LUMIX DC-GH5S Body Rp 28.640.000

Hasil Jepretan Kamera DSLR

Setiap fotografer memang memiliki selera foto yang berbeda. Namun, dari sekian banyak variasi selera, tampaknya gambar yang dihasilkan dari kamera DSLR selalu berhasil membuat mereka tak pernah berhenti jatuh hati.

Cara menggunakan kamera DSLR yang mudah juga selalu mampu menciptakan hasil jepretan yang jernih dan tajam. Pilihan filter yang tersedia pun sangat beragam sehingga kita bisa mengolah gambar menjadi lebih estetis dan tidak membosankan.

Pada kondisi kurang cahaya pun, gambar yang dihasilkan juga tetap manis dan tidak buram. Terlebih, jika yang diambil adalah benda mati, hasilnya akan lebih terlihat jelas. Namun, jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal, lakukan pemotretan di tempat yang teduh.

Jika Anda ingin mengambil gambar manusia atau makhluk hidup, ada baiknya jika selalu fokus pada mata. Mengapa begitu? Karena mata merupakan elemen tubuh paling tajam dan penuh daya tarik.

Dengan begitu, gambar yang dihasilkan oleh DSLR akan terasa lebih hidup dan menawan.

Kelebihan dan Kekurangan Kamera DSLR

Apa saja sih kelebihan dari kamera DSLR yang membuat kamera ini selalu banyak diburu oleh para fotografer? Penasaran, bukan? Berikut ini beberapa kelebihan yang ditawarkan:

  1. Mampu menghasilkan gambar yang berkualitas baik.
  2. Bagian lensa dapat diganti-ganti sesuai keinginan.
  3. Memiliki kapasitas penyimpanan yang lebih besar.
  4. Kinerja kamera DSLR lebih baik dan cekatan dari kamera biasa.
  5. Aksesoris dan perangkat kamera DSLR mudah diperbarui. Dengan begitu, kamera lama Anda bisa terasa tetap baru asalkan Anda rajin memperbarui.

Di balik kelebihan yang ditawarkan, DSLR juga punya beberapa kekurangan, seperti:

  1. Ukurannya terlalu besar sehingga terkesan merepotkan.
  2. Cara kerjanya cukup rumit sehingga perlu ketekunan untuk memahaminya.
  3. Harga yang ditawarkan relatif lebih mahal dari kamera lainnya.

Nah, itu tadi sekilas informasi tentang cara menggunakan kamera DSLR dan beberapa rekomendasi kamera DSLR yang bisa Anda jadikan sahabat travelling Anda. Anda bisa memilih salah satunya yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagi Anda yang sudah merasa cukup ahli mengoperasikan DSLR, Anda juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah dengan membuka jasa fotografi ataupun usaha rental kamera. Lumayan bukan jika hobi Anda dibayar?

Categories Tips

Leave a Comment