Jenis Jenis Kamera dan Pengertiannya

Jenis-jenis kamera semakin hari mengalami perkembangan yang signifikan seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin maju. Mulai dari hasil gambar yang lebih tajam dengan kualitas pixel rapat dan warna yang bagus hingga kualitas sensor yang unggul.

Hal ini sangat mendukung untuk mengabadikan moment-moment terbaik bersama keluarga dan teman. Tidak ingin bukan melewatkan saat-saat indah dengan begitu saja tanpa mengabadikannya?

Nah, untuk itu mari mengenal jenis-jenis kamera beserta spesifikasinya secara lebih dekat. Berikut ulasannya.

Jenis Jenis Kamera

Kegiatan memotret tidak lagi hanya dapat dilakukan oleh orang professional, kini orang awam pun dapat menjadi fotografer handal. Hal itu tentu tak luput dari dukungan kamera yang lebih professional.

Baik dari berbagai merk kamera yang ada mulai dari kamera canon, nikon, fujifilm, sony, lumix, olympus dan masih banyak merk bagus lainnya.

Rekomendasi artikel lainnya : Harga Kamera Canon

Mulai dari harga terjangkau hingga mahal, kamera dengan beragam keunggulan kini banyak beredar di pasaran. Tertarik untuk memilikinya? Berikut jenis-jenis kamera beserta spesifikasinya yang wajib anda ketahui.

Kamera Analog atau Film

jenis kamera analog fujinion

Jika anda tertarik mempunyai kamera canggih masa kini, kamera analog solusinya. Kamera ini lebih cocok digunakan oleh orang yang telah menguasai teknik fotografi. Bukan tanpa alasan, sesuai namanya kamera ini menggunakan sistem analog atau manual.

Sehingga dalam pengoperasiannnya tidak membutuhkan sumber tenaga atau baterai. Kamera ini masih menggunakan pita film untuk menangkap dan menyimpan hasil jepretan. 1 roll film berisi 36 jepretan/ frame.

Pita film digulung dalam sebuah tabung dan diletakkan di body kamera. Film ini juga lazim disebut negatif. Hal ini karena gambar yang tercetak pada film tidak langsung dapat dilihat, melainkan diproses terlebih dahulu menjadi gambar foto.

Oleh karena itu, sebelum menekan tombol shutter, anda dituntut untuk mencari komposisi, momen, dan setting yang tepat. Jika tidak, itu artinya anda akan membuang 1 film negatif, yang artinya mengurangi jumlah jepretan selanjutnya.

Kamera DSLR

jenis kamera DSLR Canon tipe 1500D

 

 

Kamera DSLR (Digital Single Lens Reflex) merupakan jenis kamera yang menggunakan lensa tunggal. Memanfaatkan cermin guna mengarahkan cahaya dari lensa ke jendela bidik. Jendela bidik (viewfinder) adalah lubang kecil yang terdapat di belakang kamera.

Jendela ini digunakan untuk membidik atau melihat objek foto. Fitur komplit dengan hasil gambar yang memuaskan menjadi alasan banyak para pecinta fotografi memilih kamera DSLR. Nah, anda juga bisa baca artikel tentang kamera DSLR terbaik yang sudah kami ulas sebelumnya.

Tidak cukup sampai disitu, kamera satu ini juga dilengkapi dengan lensa kit 18-55 mm dengan aksesoris lebih banyak. Lensa kamera dapat diganti sesuai kebutuhan serta mudah untuk diupgrade.

Kamera Digital atau Digital Camera

jenis amera digital Sony Cyber-shot

Kamera digital merupakan hasil pengembangan dari sistem analog. Prinsip kerja keduanya sama, yang membedakan adalah pada film yang digunakan. Peran film pada kamera digital diganti dengan sensor peka cahaya yang diproses secara digital.

Proses tersebut menggunakan CPU yang tertanam dalam kamera yang kemudian disimpan dalam memory card atau media penyimpanan elektronik. Hasil jepretan tersebut kemudian dikirim ke layar LCD agar kita dapat melihatnya secara langsung.

Sehingga jika gambar tidak sesuai, maka kita dapat menghapusnya. Bahkan mengulanginya lagi tanpa khawatir dengan sisa frame yang masih tersedia. Hal ini karena memory card bersifat rewriteable.

Itu artinya selama ruang penyimpanan masih tersisa, memory card dapat digunakan untuk menyimpan. Untuk harga kamera digital sendiri bervariatif, tergantung dari tipe dan brand yang menciptakannya.

Kamera Mirrorless

jenis kamera Mirrorless Sony A7 Mark II dengan Body Grip

Kamera Mirrorless merupakan salah satu kamera modern dengan tegnologi yang diadopsinya. Untuk biasanya setiap bidikan kamera akan dipantulkan melalui cermin untuk menghasilkan cahaya.

Namun berbeda dengan kamera yang satu ini. Sesuai namanya yakni mirrorless yang berarti tidak menggunakan cermin. Cahaya langsung masuk ke sensor.

Selain itu mirrorless juga memiliki body yang sangat ringkas alias lebih kecil dan juga berbobot ringan. Jika anda bertanya kamera mirrorless terbaik, tentunya kita harus menklasifikasikan sesuai kelasnya.

Namun jika anda menginginkan kamera mirrorless dengan tipe sensor yang bagus, kamera mirrorless Sony sangat direkomendasikan.

Kamera Polaroid

jenis kamera polaroid Instax Mini 70 warna kuning

Kamera polaroid atau dikenal dengan kamera instans atau langsung jadi pertama kali dirancang  oleh Edwin Land pada tahun 1947. Kamera ini mampu memproses foto sendiri di dalam badan kamera.

Film polaroid yang disematkan dalam  kamera mampu menghasilkan gambar berwarna selang beberapa detik setelah memotret yang disebut pola color. Di era digitalisasi, kamera polaroid pun mengikuti perkembangan.

Layaknya kamera digital lainnya, kamera polaroid juga memiliki layar LCD. Selain itu desain dan modelnya pun unik nan elegan.

Kamera Saku/ Pocket atau Compact Camera

jenis kamera pocket leica warna hitam

Kamera saku atau Compact kamera merupakan kamera yang didesain sederhana dengan fitur dasar.  Sehingga mudah digunakan oleh berbagai macam usia. Sesuai namanya, ukuran kamera satu ini cukup minimalis sehingga cukup ringkas dan mudah disaku.

Lensa menyatu dengan badan kamera sehingga tidak dapat diganti layaknya kamera DSLR.  Untuk harga, pocket camera dibanderol dengan harga relative murah, yakni berkisar Rp 500.000,- hingga Rp 1.500.000,-.

Hal itu mengingat terbatasnya fitur sekaligus kualitas gambar yang terbilang seadanya, namun masih mendukung apabila dicetak 4R ataupun 5R. Selain itu, murahnya harga juga dikarenakan faktor konsumen yakni untuk mengejar pangsa pasar menengah ke bawah.

Itulah beberapa jenis-jenis kamera yang dapat anda jadikan referensi. Sebelum memutuskan untuk membeli, hendaknya pertimbangkan baik-baik apa tujuan anda. Hal ini bermanfaat agar fungsi kamera tepat guna dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Perhitungkan pula besaran budget yang dimiliki. Terakhir, jangan lupa pilihlah kamera dengan merk yang telah terbukti kualitasnya, banyak pengguna dan peminatnya.

Categories Tips

Leave a Comment