Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

Tahukah anda terkait dengan perbedaan kamera SLR dan DSLR secara konsep dan fungsional? Kita tahu bahwa banyak sekali jenis kamera yang ada. Yang kita tahu juga hanya dengan pada umumnya seperti halnya dengan kamera Analog/Film, kamera DSLR, kamera Pocket, kamera Mirrorless dan masih banyak lagi lainnya.

Sedangkan secara teknologi yang digunakan, tentunya sangat jarang sekali untuk kita perhatikan. Lantas seperlu apakah kita untuk mengetahui teknologi yang ada di kamera yang kita miliki? Sebagai fotografer baik profesional ataupun pemula, harusnya kita dituntut secara pemahaman jenis kamera apa yang sedang kita gunakan.

Memahami jenis jenis kamera yang ada menjadi modal utama seorang fotografer untuk bisa menyampaikan beberapa aspek ilmu fotografinya kepada konsumennya.

Nah, untuk fotografer pemula mengetahui perbedaan antara kamera SLR dan DSLR menjadi pembelajaran untuk memilih kamera mana yang cocok untuk digunakan pada periode berikutnya.

Contoh saja harga kamera canon yang memang berbeda untuk tipe DSLR dan juga tipe Mirrorless. Langsung saja, berikut ini beberapa perbedaan kamera SLR dan DSLR yang wajib diketahui oleh seorang fotografer.

Perbedaan Kamera SLR dan DSLR

SLR

Kamera SLR Canon Super 135

Single Lens Reflex atau yang disingkat dengan nama SLR merupakan kamera yang menggunakan teknologi lama alias jadul. Namun jangan salah, peminat dari kamera SLR ini juga banyak dari kategori millenial juga. Jika anda masih belum tahu kamera jenis apa SLR ini, lebih mudahnya kamera yang masih menggunakan film seperti Kodak dan lain sebagainya.

SLR merupakan kamera yang menggunakan lensa tunggal, jadi untuk cara kerjanya adalah mengambil gambar dengan proses berjalur tunggal. Artinya sumber cahaya yang masuk akan langsung disejajarkan pada lensa yang ada dan ditampilkan pada viewvinder kamera anda. Jadi bisa dikatakan bahawa gambar yang dihasilkan akan sama dengan kondisi objek yang ada.

Perbedaan yang menonjol disini adalah penggunaan daya simpan yang dimaksutkan pada kamera SLR yakni menggunakan Film. Menggunakan Roll film berjarak 35mm yang nantinya akan dihasilkan sebuah gambar yang hanya bisa dicetak secara manual.

Jadi tidak bisa di edit dong?

Hasil dari kamera SLR memang tidak bisa diedit. Kecuali anda menggunakan scanner yang dilemparkan ke aplikasi Photoshop dan di skat ulang.

Yang menjadi menarik disini adalah teknologi yang digunakan merupakan teknologi jadul. Jadi untuk anda yang suka dengan kamera gaya jadul, SLR menjadi pilihan yang tepat. Apalagi generasi millenial ini suka dengan hal yang berbeda untuk meninggikan gengsinya.

DSLR

Kamera DSLR Canon 600D

Berbeda dengan SLR yang menggunakan teknologi lama. DSLR atau kepanjangan dari Digital Lens Reflex atau lebih mudahnya menggunakan konsep pantulan cahaya. Dimana cahaya yang masuk akan dipantulkan dengan pentaprisma untuk menuju viewvinder. Jika ditanya mana yang lebih bagus maka jawabannya keduanya bagus. Namun jika ditanya mana yang lebih modern, maka DSLR menggunakan teknologi yang lebih modern dari pada SLR.

Tidak cukup sampai disana, dengan teknologi terbarunya tersebut membuat DSLR bisa melakukan penyimpanan pada media memori sehingga gambar yang dihasilkan berupa digital berformat JPG atau RAW. Hal ini juga sangat menguntungkan, karena hasil dari jepretan kamera DSLR bisa anda edit ulang secara langsung.

Dengan teknologi terbarunya pada masanya tersebut bahkan sampai sekarang kamera DSLR menjadi pilihan untuk para fotografer profesional bahkan pemula sekaligus.

Kamera DSLR sampai saat ini juga dikembangkan dengan fitur fitur terbaik yang bisa memudahkan user. Namun, jika anda bertanya tentang kamera DSLR terbaik untuk pemula, maka kami sangat merekomendasikan Canon 600D atau anda bisa mengambil Nikon D5600.

Perbedaan kamera SLR dan DSLR juga terdapat pada bobot body yang dimiliki setiap kamera. Dimana kamera analog akan terasa lebih ringan dan ringkas dari pada kamera DSLR yang kian semakin berat apalagi ditambah dengan lensa telenya.

Nah, cukup menarik bukan pembahasan terkait dengan perbedaan kamera SLR dan DSLR yang sudah kami ulas. Nah, jadi untuk anda pemula fotografer semoga bisa memilih kamera mana yang harus anda miliki. Kalo memang boleh disarankan, untuk anda pemula silahkan gunakan kamera Mirrorless karena teknologinya yang lebih bagus dari pada DSLR.

Categories Tips

Leave a Comment